JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Moodle Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMA/MA

Muhammad Andre Juliano (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang)
Sinta Rahmatika Putri (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang)
Rahadian Zainul (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Dalam rangka memenuhi tuntutan revolusi industri 4.0, diperlukan pendekatan pembelajaran abad ke-21 yang telah dimodifikasi dari sistem tradisional ke sistem digital yang lebih canggih. Salah satu solusi pembelajaran yang dapat digunakan pada saat ini dan era revolusi industri 4.0 adalah Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi Hidrokarbon untuk kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan alat penelitian berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Instrumen tersebut akan diberikan kepada dosen Jurusan Kimia FMIPA UNP dan guru kimia di SMA Negeri 05 Padang, serta peserta didik khususnya kelas XI IPA sesuai dengan proporsi masing-masing. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan tahapan pengembangan model Plomp. Tahap awal adalah penelitian pendahuluan, sedangkan tahap berikutnya adalah fase pengembangan atau pembuatan prototype. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi Hidrokarbon yang dikembangkan telah terbukti valid, dan tingkat praktikalitasnya termasuk dalam kategori sangat praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...