Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pecahan desimal yang dilakukan guru kurang maksimal, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pecahan desimal menggunakan model discovery learning berbantuan media powtoon di kelas V B SDN 02 Aur Kuning. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam 2 siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V B SDN 02 Aur Kuning. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada tiga aspek penelitian, yaitu: a) RPP siklus I dengan rata-rata 97,92 (A) meningkat pada siklus II menjadi 99,31 (A); b) Pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I adalah 92,63 (A) meningkat pada siklus II menjadi 97,79 (A), sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 91,92 (B) meningkat pada siklus II menjadi 97,06 (A); serta c) Penilaian hasil belajar pada siklus I adalah 91,19 (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,03 (A). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut diketahui bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan media powtoon dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pecahan desimal.
Copyrights © 2023