Penelitian ini berdasarkan fenomena yang ada, usaha kopi bubuk di Nagari Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar yang belum maksimal dalam hal pengembangan usahanya. Persediaan bahan baku, pengelolaan yang tidak maksimal dan modal yang sulit didapatkan serta surat izin usaha yang tidak ada. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada strategi pengembangan usaha UMKM kopi bubuk yang ada di Koto Tuo yang diharapkan dapat terus mengalami pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan Strategi Pengembangan UMKM Kopi Bubuk di Nagari Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yang menggunakan objek yang diteliti, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara dan informan. Data yang penulis peroleh di analisa menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan analisis SWOT, strategi yang digunakan yaitu strategi WO (Weaknesses dan Opportunities). Dengan kesimpulan bahwa : 1. Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk meningkatkan promosi 2. Membuat izin usaha agar usaha lebih dipercaya dan lebih dikenal masyarakat 3. Meningkatkan alat produksi dan juga jumlah produksi agar meningkatkan volume penjualan 4. Meningkatkan jumlah modal usaha kopi bubuk ini agar lebih memiliki wilayah pemasaran yang luas 5. Menambah tenaga kerja di bagian pemasaran, agar pemilik lebih bisa mengatur dan mengelola usahanya dengan baik tanpa perlu ikut serta dalam proses kegiatan pemasaran. Saran yang peneliti sampaikan yaitu dengan menambah modal dan memperluas wilayah pemasaran, dari hasil yang didaptkan dengan fokus kepada strategi weaknesses dan opportunities agar usaha lebih berkembang dan dikenal banyak orang.
Copyrights © 2023