JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Penambahan Tepung Bengkuang terhadap Kualitas Bentuk, Warna, Aroma, Tekstur dan Rasa pada Brownies Panggang

Rizky Azizah (Universitas Negeri Padang)
Wirnwlis Syarif (Universitas Negeri Padang)
Wiwik Gusnita (Universitas Negeri Padang)
Rahmi Holinesti (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Brownies merupakan salah satu jenis cake coklat yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Brownies memiliki warna coklat kehitaman dengan tekstur lebih padat dari cake pada umumnya. Bahan utama pembuatan brownies yaitu tepung terigu yang berasal dari biji gandum yang bukan komoditas utama di Indonesia. Untuk mengurangi jumlah impor perlu digunakan alternatif tepung terigu salah satunya tepung bengkuang. Bengkuang segar memiliki umur simpan yang pendek sehingga bengkuang lebih cocok dijadikan tepung bengkuang. Tepung bengkuang tidak memiliki gluten sehingga cocok disubstitusikan dalam penggunaan tepung terigu pada pembuatan brownies panggang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi tepung bengkuang terhadap kualitas bentuk, warna, aroma, tekstur dan rasa brownies panggang. Penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni dari substitusi tepung bengkuang pada brownies panggang dengan 4 perlakuan 3 kali pengulangan yaitu X0 (0%),X1(25%), X2 (50%), dan X3 (75%). Hasil penelitian menunjukkan Ho diterima pada bentuk,warna,aroma coklat,tekstur dan rasa karena tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil penambahan tepung bengkuang terhadap kualitas brownies panggang dengan persentase 25%, 50% dan 75%. Tetapi pada perlakuan 75% terdapat pengaruh yang signifikan aroma khas bengkuang brownies panggang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...