Instructional Development Journal
Vol 6, No 1 (2023): IDJ

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS di Kelas XII IPS MA Hasanah Pekanbaru Tahun Pelajaran 2022/2023

Sri Rezeki (MA Hasanah Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Biologi pada siswa kelas XII IPS di MA Hasanah Pekanbaru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan selama Januari hingga Maret 2023 dengan dua siklus penelitian. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS MA Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Penerapan model pembelajaran Kooperatif TPS berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi. Sebelumnya, tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 47%. Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 82%, mengalami peningkatan sebesar 35%. Pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat lagi menjadi 100%, dengan peningkatan sebesar 10% dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Selain peningkatan ketuntasan belajar, daya serap siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum perbaikan dilakukan, tingkat daya serap siswa adalah 71%. Namun, setelah perbaikan pada siklus I, tingkat daya serap siswa meningkat menjadi 81%, dengan peningkatan sebesar 10%. Pada siklus II, tingkat daya serap siswa dapat ditingkatkan lagi menjadi 86%, mengalami peningkatan sebesar 5% dibandingkan dengan siklus sebelumnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...