Kemampuan TPACK merupakan pengetahuan tentang interaksi yang kompleks prinsip pengetahuan (konten, pedagogi, teknologi). Kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan kemampuan praktis guru dalam menyusun komponen-komponen RPP. RPP disusun oleh guru sudah memuat unsur HOTS didalamnya yaitu C4, C5, dan C6. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hasil analisis kemampuan TPACK guru kelas V dalam menyusun perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berbasis HOTS di sekolah dasar. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian yaitu guru kelas v SDN 13/I Muara Bulian pada semester genap 2022/2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah kemampuan TPACK guru kelas V dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berbasis HOTS di sekolah dasar, menunjukkan bahwa guru sudah mengetahui sistematika atau komponen penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berbasis HOTS, tetapi masih terdapat kekurangan atau tidak mencantumkan beberapa komponen RPP dalam beberapa RPP yang telah disusun.
Copyrights © 2023