Kecerdasan sangat diperlukan dalam mendidik, karena melalui kecerdasan pendidik mampu menciptakan suasana yang baik serta mampu menyelesaikan masalah yang dialami peserta didik, dengan adanya kecerdasan pendidik akan mampu mengatasi setiap masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kecerdasan guru sekolah minggu berdasarkan Amsal 1:4-6? dan untuk mengetahui evaluasi kecerdasan dari seorang guru sekolah minggu terhadap prestasi mengajar anak sekolah minggu?. Dengan metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan kajian studi literatur. Hasil yang diperoleh Pertama, kecerdasan: a) proses belajar mengajar di sekolah minggu terlaksana dengan baik, b) guru sekolah minggu mengajar dengan menggunakan ide baru serta mencari informasi-infromasi baru, c) guru sekolah minggu mengerti tanggung jawab, d) guru sekolah minggu mempersiapkan bahan ajar dengan baik secara maksimal. Kedua, berpengetahuan: a) guru sekolah minggu mengajar berdasarkan pengalaman, b) guru sekolah minggu mampu menguasai ruangan belajar dengan baik, c) guru sekolah minggu memahami psikolog anak didiknya, d) guru sekolah minggu mampu mengajar secara efektif dan efesien. Ketiga, kebijaksanaan: a) guru sekolah minggu sangat produktif dalam membimbing, mendidik, mengajar anak sekolah minggu. b) guru sekolah minggu mengerti kebutuhan anak didiknya secara kognitif, afektif dan psikotorik. c) guru sekolah minggu bijaksana menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak didik. d) guru sekolah minggu mampu memberikan motivasi kepada anak didik. Intelligence is needed in educating because through intelligence educators can create a good atmosphere and can solve problems experienced by students, with intelligence educators will be able to overcome every problem they face. The purpose of this study is to determine the intelligence of Sunday school teachers based on Proverbs 1:4-6. and to find out the intelligence evaluation of a Sunday school teacher on the teaching achievement of Sunday school children. The method used is qualitative with a descriptive approach to the study of literature. The results obtained First, intelligence: a) the teaching and learning process in Sunday school implemented well, b) the Sunday school teacher teaches using new ideas and seeks new information, c) the Sunday school teacher understands responsibilities, d) the Sunday school teacher prepares teaching materials well to the fullest. Second, knowledgeable: a) Sunday school teachers teach based on experience, b) Sunday school teachers can master the study room well, c) Sunday school teachers understand the psychology of their students, and d) Sunday school teachers can teach effectively and efficiently. Third, wisdom: a) Sunday school teachers are very productive in guiding, educating, and teaching Sunday school children. b) Sunday school teachers understand the needs of their students cognitively, affectively, and psychotically. c) Sunday school teachers are wise in solving problems faced by students. d) Sunday school teachers can provide motivation to students.
Copyrights © 2023