Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenispenelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasIV SDN 4 BandaAceh yang berjumlah 50 siswa, sedangkan teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling semuapopulasi dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang diberikansecara essay sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumusuji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaranNumbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikandengan taraf signifikan α = 0,05. Dari nilai tersebut diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,11 > 1,67, sehingga H0 ditolakdan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered HeadTogether (NHT) siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 4Banda Aceh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018