Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2018): Jurnal GENTA MULIA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SDN 4 BANDA ACEH

Agus Kistian (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenispenelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasIV SDN 4 BandaAceh yang berjumlah 50 siswa, sedangkan teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling semuapopulasi dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang diberikansecara essay sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumusuji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaranNumbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikandengan taraf signifikan α = 0,05. Dari nilai tersebut diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,11 > 1,67, sehingga H0 ditolakdan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered HeadTogether (NHT) siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 4Banda Aceh.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...