jurnal ilmiah hospitality
Vol 12 No 1: Juni 2023

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KAIN TENUN LOMBOK

Noni Antika Khairunnisah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram)
Sri Maryanti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram)
Suharti Suharti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Strategi pemasaran dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai Menyusun perencanaan bagi perusahaan atau UMKM secara menyeluruh. Dalam kegiatan pemasaran sering kali mampu memberikan peningkatan yang signifikan bagi UMKM, peningkatan signifikan yang dirasakan oleh UMKM dengan cara promosi yang dilakukan menggunakan cara Offline dan Online (E-Commerce). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan startegi pemasaran yang dilakukan. Jenis penelitian ini kualitatif, penelitian dilakukan di UMKM Kain Tenun Lombok. Teknik pengumpulan data dengan wawancara. Hasil penelitian menujukkan peningkatan penjualan dengan menggunakan dua cara. Pembelian produk kain tenun selain diperoleh dari belanja secara manual (Offline) adapula melalui belanja online (Instragram, Whaatshap, dll).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIH

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Jurnal Ilmiah Hospitality dikelola oleh Pusat kajian Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram (STP Mataram) Nama terbitan : Jurnal Ilmiah Hospitality Sinopsis : Jurnal Ilmiah Hospitality, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Umum yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan. Mulai Open Jurnal ...