Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian guru matematika dalam proses pembelajaran di SMK YADIKA 5 Tangerang Selatan, hasil belajar siswa dan hubungan antara keduanya. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian korelasional. Terdiri dari dua variabel yaitu kepribadian guru matematika sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa XI Akuntansi SMK YADIKA 5 Tangerang Selatan Tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa/i dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis yang dihitung oleh peneliti menunjukkan bahwa hasil hitung rxy adalah sebesar 0,035, dengan memeriksa rtabel product moment ternyata df sebesar 28 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,361 dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,463, karena rxy pada taraf signifikansi 5% lebih kecil dari rtabel (0,035 < 0,361), maka pada taraf signifikansi 5% Ha ditolak sedangkan Ho diterima. Selanjutnya pada taraf signifikansi 1% rxy juga lebih kecil daripada rtabel (0,035 < 0,463), maka pada taraf signifikansi 1% ini pun Ha kembali ditolak sedangkan Ho diterima. Hal ini berarti bahwa tidak terdapat hubungan atau korelasi yang signifikan antara sifat kepribadian guru (variabel X) dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi (variabel Y) di SMK YADIKA 5 Tangerang Selatan
Copyrights © 2023