Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran yang mampu meningkatkan sikap percaya diri, rasa ingin tahu dan hasil belajar; meningkatkan sikap pecaya diri, rasa ingin tahu serta hasil belajar; dan mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Data sikap dikumpul dengan lembar observasi, hasil belajar diambil dari hasil tes, dianalisis dengan teknik analisis diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian di atas 75% siswa mencapai kriteria baik untuk sikap serta hasil belajar di atas 75% mencapai KKM. Pada pratindakan capaian skor baik sikap percaya diri 47,06%, rasa ingin tahu 44,32% serta hasil belajar 35 % diatas KKM. Skor sikap percaya diri siklus I sebesar 73,53%, rasa ingin tahu 70,59% dan hasil belajar 68% di atas KKM. Capaian skor baik sikap percaya diri siklus II 97,06%, rasa ingin tahu 94,12% sedangkan hasil belajar 85% di atas KKM
Copyrights © 2023