Kue gipang singkong adalah panganan lokal  Cilegon yang saat ini jarang dijumpai. Salah satu produsennya adalah UMKM IKA-KE. Guna mempertahankan  keberlanjutan bisnis kue gipang singkong, penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik konsumen, persepsi dan daur hidup produk Kue Gipang Singkong IKA-KE. Atribut yang digunakan dalam penelitian adalah kualitas produk, kemasan, label, merek dan harga. Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menganalisis persepsi konsumen, sedangkan daur hidup produk dianalisis dengan metode Polli and Cook. Skor IPA berdasarkan rata-rata tingkat kepentingan diperoleh sebesar 4,24, dan tingkat kinerja  sebesar 4,12. Hasil perhitungan CSI sebesar 82,45% dimana konsumen merasa sangat puas dengan produk kue gipang IKA-KE. Product life cycle  Kue Gipang Singkong IKA-KE saat ini masih berada pada posisi growth, artinya usaha masih mengalami peningkatan penjualan yang relatif pesat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023