Penggunaan metode Global memberikan pengalaman pembelajaran yag lebih efektif untukmeningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak SD. Studi ini bertujuan untuk menganalisiskemampuan siswa SD dalam meningkatkan kualitas membaca dengan menggunakan metode global.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperolehhasil tes kemampuan peserta didik dalam mengerjakan tes membaca permulaan. Sedangkan datakualitatif diperoleh dari hasil pengamatan dalam proses pembelajaran berlangsung, berupa situasi,kondisi, dan keadaan peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dengangangguan intelektual kelas IV SLB C Kembar Karya Pembangunan 3 dan peneliti kelas. Hasilpenelitian ini bahwa metode Global mampu memberikan motivasi untuk peserta didik dalam halmembaca permulaan, hal ini terlihat dari antusias peserta didik saat belajar di kelas. Berdasarkanketerangan diatas jelas terlihat bahwa metode Global yang telah dimodifikasi ini mampu meningkatkankemampuan membaca permulaan peserta didik, hal ini terlihat dari meningkatnya nilai kemampuanmembaca permulaan sesuai target yang diinginkan.
Copyrights © 2023