Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika di jenjang SD/MI adalah sulitdalam pemahaman konsep. Apalagi pada materi operasi bilangan bulat, sejumlah siswa masih belumbisa menyelesaikan soal dengan baik. Oleh karenanya, guru harus berupaya agar pembelajaran dapatmudah dimengerti siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Penelitianini memiliki tujuan untuk untuk mengetahui strategi belajar yang tepat pada materi operasi bilanganbulat di tingkat SD/MI yang meliputi operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka. Hasil penelitianmenerangkan bahwasanya terdapat beberapa strategi pembelajaran untuk meningkatkankemampuan menghitung operasi bilangan bulat. Strategi-strategi tersebut meliputi garis bilangan,kartu berwarna, jarimatika dan dengan menggunakan model NHT (Numbered Head Together). Strategigaris bilangan dan kartu berwarna digunakan untuk mempelajari konsep penjumlahan danpengurangan bilangan bulat. Strategi jarimatika digunakan untuk memudahkan dalam belajarkonsep perkalian. Sedangkan model NHT (Numbered Head Together) digunakan untukmemvariasikan pembelajaran konsep pembagian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023