Indonesian Gender and Society Journal
Vol. 4 No. 1 (2023): April

Peran Guru Penggerak dalam Komunitas Belajar di Sekolah

Pribadi, Reksa Adya (Unknown)
Abdurahman, Khoerunisa (Unknown)
Kiki Rizqyatul Ummah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2023

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar mengharuskan para guru untuk mengambil peran penting dalam mendorong perubahan dengan mengubah pola pikir dan meningkatkan keterampilan mereka agar sesuai dengan tuntutan kurikulum yang baru. Guru penggerak menjadi salah satu terobosan baru yang dibuat untuk memajukan sektor pendidikan di Indonesia berdasarkan arahan Menteri Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran apa itu guru penggerak serta menganalisis peran guru penggerak dalam komunitas belajar di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu guru penggerak dalam komunitas belajar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara serta observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru penggerak berperan penting dalam menggerakkan guru-guru lainnya untuk menciptakan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Guru penggerak dapat menggerakkan komunitas-komunitas belajar dan memberikan contoh yang baik kepada guru-guru lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai guru penggerak serta perannya dalam komunitas belajar di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IGSJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Indonesian Gender & Society Journal, the official journal of Sociologists for Women in Society. Articles analyze gender and gendered processes in interactions, organizations, societies, and global and transnational spaces. The journal publishes empirical articles, along with reviews of ...