Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
Vol 4, No 2 (2023): July

Pengaruh Harga, Lokasi Usaha dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Dian Narawati (Universitas Muslim Indonesia)
Andi Darmawangsa (Universitas Muslim Indonesia)
Muh. Aidil Sudarmono R (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan Metode pendekatan kuantitatif dan bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.500 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS 4.0 dengan melakukan uji outer model dan uji inner model. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel harga (X1) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel lokasi usaha (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel kualitas pelayanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dalam pandangan Islam, harga, lokasi usaha dan kualitas pelayanan yang ditetapkan oleh warung bakso sudah sesuai dengan konsep ekonomi Islam. Dan secara simultan, menunjukkan hasil bahwa variabel independen (harga, lokasi usaha dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tafaqquh

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law is a peer-reviewed journal, published twice a year [January and July] by UMI, Muslim University of Indonesia. It is available online as open access sources as well as in print. Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law publishes articles in Islamic Law. The journal ...