Kemampuan komunikasi lisan adalah kemampuan seseorang dalam memproduksi dan memahami bahasa lisan yang tepat serta dapat dipahami oleh orang lain, baik dalam situasi umum maupun pembelajaran. Namun, berdasarkan observasi dan diskusi dengan guru kelas I SD Negeri Ledok 01, banyak peserta didik kelas 1 yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi lisan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan peserta didik kelas 1 SD Negeri Ledok 01 melalui pembelajaran project based learning. Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan dinyatakan berhasil jika 80% peserta didik memiliki kemampuan komunikasi lisan dalam kriteria baik dan/atau baik sekali. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi lisan peserta didik kelas 1 SD N Ledok 01 mengalami peningkatan setelah dilakukan siklus pembelajaran. Pada pra siklus, terdapat 18 peserta didik (94%) yang berada pada kategori sangat kurang dan kurang, sedangkan pada siklus I dan II terdapat peningkatan peserta didik yang berada pada kategori cukup, baik, dan sangat baik. Pada siklus II, terdapat 15 peserta didik (79%) yang berada pada kategori baik dan 1 peserta didik (5%) berada pada kategori sangat baik. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi keilmuan, terutama dalam bidang pendidikan dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023