Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Keperawatan pada mata pelajaran PAI di SMK Baznas Sul-Sel. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan 27 siswa sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes terdiri dari pre-test sebelum penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team dan post-test di akhir setiap siklus. Data dianalisis menggunakan rumus persentase dan nilai rata-rata untuk mengamati tindakan siswa dan peningkatan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team berkontribusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dari pra siklus hingga siklus II. Pada tahap pra siklus, rata-rata nilai siswa adalah 69 dengan persentase ketuntasan sebesar 29%. Namun, pada siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 80% dengan persentase ketuntasan mencapai 77%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 91 dengan persentase ketuntasan mencapai 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Keperawatan pada mata pelajaran PAI di setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa serta mencapai prestasi belajar yang sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023