Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menjelaskan faktor-faktor pembentuk dari electronic word of mouth di instagram yang mempunyai kaitan dengan kultur konsumtif atau masyarakat pengguna instagram. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan teknik etnografi virtual untuk melihat fenomena perkembangan secara real dalam media sosial atau dunia elektronik dengan metode pengumpulan data melalui observasi online,interview online,capture chatlogs,capturing screenshootyang dilakukan terhadap 3 pengguna akun instagram aktif dan 3 akun instagram penjual fashion yang kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil mengenai adanya fitur pendorong atau pendukung instagram dari pembentukan electronic word of mouth seperti fitur mention pada kolom komentar dan juga direct message untuk melakukan komunikasi kepada teman atau kerabat terdekat yang mempunyai kaitan dengan pembentukan kultur konsumtif untuk mengikuti trenddan tidak ingin ketinggalan dari teman lainnya.Penelitian ini menghasilkan temuan untuk dilakukan pengkajian lebih lanjut terkait dengan sifat dan perilaku generasi penerus yang banyak menggunakan media sosial dalam pergaulan pergaulan yang menjadi dasar dari terciptanya sifat konsumtif yang tidak baik.Hasil dalam penelitian ini dapat berkontribusi untuk melihat bagaimana cara dan teknik pemasaran yang dapat dilakukan dari sosial media instagram untuk perusahaan-perusahaan yang akan melakukan pemasaran di Instagram dengan memperhatikan desain serta konsisten dalam melakukan pembaruan postingan. Kata Kunci : Konsumtif,electronic word of mouth,Fashion,Instagram
Copyrights © 2023