Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran)
Vol. 8 No. 1 (2023)

ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA MAKANAN KHAS LAMONGAN (STUDY KASUS PADA KONSUMEN SENTRAL NASI BORAN LAMONGAN DENGAN ANALISIS METODE PARTIAL LEAST SQUARE(PLS)-STR

Muhtarom, Abid (Unknown)
Fitrotun, Evi (Unknown)
Rusmawati, Yunni (Unknown)
Pratama, Ardiansyah Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Seperti yang kita ketahui pada masa serba modern seperti sekarang ini bidang usaha dalam sektor makanan semakin bergerak dan berkembang begitu pesat. Dengan perkembangan dunia usaha ini kita perlu menyikapi situasi dan kondisi tersebut dengan bersikap menyesuaikan diri dan mengambil langkah — langkah agar usaha dapat bertahan atau bahkan berkembang semakin besar. Penelitian ini merupakan hal baru dimana kualitas produk, harga, kuaitas pelayanan dan lokasi dijadikan satu untuk melihat apakah ada pengaruh pada keputusan Pembelian dimediasi kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga berfokus pada tingkat keputusan Pembelian dan kepuasan pelanggan dengan pembelian makanan khas Lamongan sebagai patokan penelitian yang dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan dan lokasi di Nasi Boran di Lamongan. Tujuan penelitian ini yakni menguji pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan sebagai mediasinya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan Pelanggan Makanan Khas Lamongan (Sentral Nasi Boran) sebanyak 1.080. Sampel Penelitian ini sebanyak 92 orang. Metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu SEM dengan alat Smart PLS versi 3.3.5. uji yang digunakan adalah uji Outer Model, Uji Inner Model, Uji Mediasi, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Lokasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Arsip, Prosedur Pengelolaan, Sistem

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

penataran

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) merupakan terbitan berkala ilmiah yang memuat artikel-artikel penelitian dari para praktisi maupun akademisi di bidang Ilmu Manajemen. Diterbitkan oleh Jurusan Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar dan terbit dua kali dalam satu ...