Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)

Pengaruh Teknik Tarik Benang Terhadap Kemampuan Menggambar Di Taman Kanak-kanak

Pajrin, Silvia Ratih (Unknown)
Mayar, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun dan penggunaan kegiatan yang kurang kreatif oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teknik tarik benang terhadap kemampuan menggambar anak di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan. Kemampuan menggambar anak yang akan diteliti adalah kemampuan memilih warna, menggambar sederhana, menggambar bebas dengan berbagai media, memahami simbol gambar dan menuangkan imajinasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian adalah 35 orang anak Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling anak kelas B1 dan kelas B2, masing-masing kelas berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 7 butir item. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan meanyang diperoleh kedua kelompok, yaitu meandari keompok kelas eksperimen sebesar 21,50 sedangkan mean dari kelas kontrol 18,80. Pada pengujian independent sampel t test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,021. Nilai t kurang dari 0,05 (0,021<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam teknik tarik benang terhadap kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aura

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Focus dan scope jurnal ini adalah upaya untuk mengaktualisasikan pemahaman yang lebih baik tentang studi-studi pendidikan islam anak usia dini dari berbagai aspek perkembangan. Baik yang terkait dengan perkembangan Spiritual,kongnitif, sosial-emosional, fsikomotor,bahasa,dan seni. teori-teori yang ...