Abstrak Penelitian ini berfokus kepada bagaimana pengelolaan bahan pembelajaran dalam literasi sains anak usia dini untuk metode Nature Outbound. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode study kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengelolaan bahan pembelajaran dalam literasi sains anak usia dini menggunakan metode Nature Outbound. Data penelitian didapatkan dari hasil wawancara terstruktur, observasi dan analisis dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software Atlas.ti versi 9.0. Peserta penelitian terdiri dari 6 orang guru dari 3 sekolah PAUD yang memiliki latar belakang pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan bahan pembelajaran sains anak usia dini dengan benar dapat membantu guru dalam pencapaian suatu objektif pembelajaran dengan lebih berkesan dimana kriteria bahan pembelajaran yang digunakan adalah : 1) Benda-benda nyata, 2) aman bagi anak-anak, 3) memberikan informasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pemilihan dan pengelolaan bahan pembelajaran yang sesuai dengan aktifitas yang dijalankan dalam proses pengajaran dapat membantu guru untuk menyalurkan informasi pembelajaran sains anak usia dini dengan tepat dan efektif.
Copyrights © 2023