JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 7 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Pendekatan Sains, Technology, Engineering, and Mathematic di Kelas V SDN 182/I Hutan Lindung

Eka Karlina (Universitas Jambi, Indonesia)
Faizal Chan (Universitas Jambi, Indonesia)
Hendra Budiono (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis menggunakan pendekatan sains, technology, engineering, and mathematic di kelas V pada pembelajaran IPA tema 6 panas dan perpindahannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Teknik pengumpulan data ini melalui observasi dan dokumentasi yang bersumber dari guru dan peserta didik kelas V SDN 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Sains, Technology, Engineering, and Mathematic pada pembelajaran IPA dikelas V mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil analisis data di setiap siklus pertemuan. Siklus 1 pertemuan pertama sebanyak 34,79%, pertemuan kedua 44,16% dengan peningkatan sebanyak 9,37%. Pada siklus II pertemuan pertama 51,04% dan pertemuan kedua sebanyak 71,0% dengan mengalami peningkatan sabanyak 20%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran sains, technology, engineering, and mathematic pada pembelajaran IPA dikelas V mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan peningkatan setiap indikator. Hal tersebut dibuktikan pada persentase yang meningkat pada setiap pertemuannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...