JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 7 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Permainan Tradisional Pasaran dalam Meningkatkan Kemampuan Numerik Peserta didik

Mohammad Syaffruddin Kuryanto (Universitas Muria Kudus, Indonesia)
Aulia Cindy Andriyani (Universitas Muria Kudus, Indonesia)
Himmatul Ulya (Universitas Muria Kudus, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran matematika yaitu kemampuan numerik yang dimana hal tersebut merupakan bagian dari operasi menghitung dan sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika. Dengan menggunakan model roleplay berupa permainan tradisional pasaran selain meningkatkan minat belajar peserta didik, permainan tradisional pasaran dapat memudahkan peserta didik untuk belajar kemampuan numerik menggunakan problem yang terdapat dalam permainan tersebut. Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022 hingga bulan Juli 2022 di SD Negeri Gemiring Kidul 01 Jepara. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Gemiring Kidul 01 Jepara yang berjumlah 30 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu meggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian peserta didik mengalami peningkatan rata-rata sebesar 30,33 dengan hasil N-Gain 0,6450 dengan kriteria sedang yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model roleplaying dengan menggunakan permainan pasaran memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan numerik peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...