JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 7 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Resepsi Remaja pada Nilai Budaya dan Religius dalam Iklan Sirup Marjan (Edisi Baruna Sang Penjaga Samudera)

Ririn Puspita Tutiasri (Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2023

Abstract

Iklan memilki kadungan nilai tertentu untuk menambah daya tarik bagi orang yang melihat iklan tersebut. Nilai itu yang menjadikan orang tertarik untuk mengenal produk yang ditawarkan, membeli, serta menyarankan produk tersebut kepada orang lain. Salah satu iklan yang menarik karena dalam setiap edisi selalu memperbarui temanya, adalah iklan sirup Marjan. Iklan sirup Marjan menarik untuk diteliti karena tidak hanya sebagai media promosi tetapi mengandung nilai budaya serta religius. Nilai budaya yang diusung oleh iklan Marjan mengangkat budaya dari cerita rakyat yang ada di Indonesia. Suatu bangsa dibentuk oleh kebudayaan daerah, karena konsep suku bangsa sama dengan kebudayaan daerah. Pola kegiatan masyarakat yang dilakukan merupakan suatu kebudayaan, faktor geografis merupakan pembentukan keragaman budaya. Sedangkan nilai religius dimana iklan Marjan mengambarkan kemenangan serta berbagi pada momentum bulan ramadhan serta hari raya idul fitri. Penelitian ini ingin melihat bagaimana analisis resepsi remaja pada nilai budaya dan religius dalam iklan sirup Marjan edisi “baruna sang penjaga samudera”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...