Journal of Industial Engineering and Technology
Vol 3, No 2 (2023): Juni 2023

Optimasi Pemasaran untuk Produk UMKM SARBUS Desa Sarangan Kanor Bojonegoro dengan metode Markov chain

Stighfarrinata, Rizky (Unknown)
Wahyu Abryandoko, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Para pebisnis membutuhkan beragam cara di dunia saat ini karena persaingan di pasar Indonesia semakin ketat. Dengan meningkatnya persaingan antara pengusaha besar dan pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia, penjualan produk dari pelaku usaha kecil dan menengah di pedesaan mengalami penurunan yang signifikan. Akibatnya, usaha kecil dan menengah ingin meningkatkan penjualan mereka tetapi tidak tahu di mana harus mempromosikan atau memasarkannya agar efektif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan memodelkan masalah pemilihan media periklanan yang tepat selama 6 bulan ke depan dan memilih media periklanan yang tepat untuk mempromosikan produk UMKM Sarbus dari Desa Sarangan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro selama 6 tahun ke depan dengan menggunakan Markov Chain. Kesimpulan penelitian adalah pada bulan pertama, kedua, dan keenam, UKM SARBUS disarankan berjualan menggunakan media sosial WhatsApp, sedangkan pada bulan ketiga, bulan keempat, dan kelima, UKM SARBUS sebaiknya berjualan menggunakan YouTube.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jointtech

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Industrial Engineering and Technology adalah jurnal ilmiah peer-reviewed dan open access yang bertujuan untuk mendiseminasi/menyebarluaskan perkembangan technology penelitian di bidang keilmuan Teknik Industri. Ruang Lingkup Journal of Industrial Engineering and Technology adalah mencakup ...