Poor Self Consept merupakan semua yang dirasakan oleh dirinya sendiri baik dari pikiran maupun dari keyakinan dengan kata lain, poor self concept merupakan kurangnya kepercayaan diri dalam seseorang di lihat dari bagaimana orang tersebut berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Berdasarkan hasil observasi penulis menemukan bahwa dari 25 siswa pada kelas 1 di SDN Kebraon II Surabaya ada 16 siswa yang mengalami ketidak percayaan diri, tidak dapat memberikan pendapat serta merasa malu untuk bersosialisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PPKn pada Materi Unit 3 “Ayo “Memperkenalkan Diri dengan Sopan” untuk mengatasi masalah Poor Self Concept di siswa kelas I SDN Kebraon II Suarabaya serta peningkatan percaya diri siswa melalui metode Metode Permianan di kelas I SDN Kebraon II Suarabaya. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas di mulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi perkenalan diri dengan metode permainan signifikan terhadap Poor Self Concept dengan persentase pada siklus pertama sebesar 84% dan silus kedua sebesar 89%. Mengenalkan diri dengan metode bermain dengan penilaian membaca puisi dari, siklus 1, siklus II yaitu : dari sikus siklus I dan II sebesar 54% dan 75%. Penurunan terjadi setelah diterapkannya Implementasi Mengenalkan Diri dengan metode Permianan “Kukenali Dirimu: dalam mengatasi masalah Poor Self Concept di kelas I SDN Kebraon II Surabaya.
Copyrights © 2023