Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 7 No. 1 (2023)

Peningkatan Kompetensi Guru TK Negeri Pembina Kecamatan Wulla Waijilu dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Bimbingan Berkelanjutan T.P 2020/2021

Amelia Lima (Dinas Pendidikan Kepemudaaan dan Olah Raga)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan. Subyek penelitian adalah 4 orang guru TK Negeri Pembina Kecamatan Wulla Waijilu. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam menyusun RPPH dengan lengkap. Pada siklus pertama, masih terdapat komponen RPPH yang belum dibuat oleh guru dan presentasenya 62,50%. Sedangkan pada siklus kedua, semua guru menyusun RPPH namun masih ada guru yang keliru dalam menentukan kegiatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, serta tidak menguraikan materi pembelajaran. Presentase siklus kedua mencapai 87,50%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kompetensi guru dalam menyusun RPPH.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...