Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan. Subyek penelitian adalah 4 orang guru TK Negeri Pembina Kecamatan Wulla Waijilu. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam menyusun RPPH dengan lengkap. Pada siklus pertama, masih terdapat komponen RPPH yang belum dibuat oleh guru dan presentasenya 62,50%. Sedangkan pada siklus kedua, semua guru menyusun RPPH namun masih ada guru yang keliru dalam menentukan kegiatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, serta tidak menguraikan materi pembelajaran. Presentase siklus kedua mencapai 87,50%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kompetensi guru dalam menyusun RPPH.
Copyrights © 2023