Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada umumnya lebih didominasi oleh materi yang membuat siswa cenderung membosankan, terlebih jika materi disampaikan tanpa menggunakan media. Hal tersebut akan berpengaruh pada motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media “PATAYA” (Replika Peta Budaya) Pada Mata Pelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Gugus III Kopang Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Quasi Experimental Design tipe Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus III Kopang, sedangkan sampel yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kwangpati sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lendang Ara sebagai kelas kontrol. Teknik penenetuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya uji hipotesis penelitian dan uji lanjutan dengan uji effect size. Data hasil motivasi belajar dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian.  Hasil analis data didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,010 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media PATAYA terhadap motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar  Negeri di Gugus III Kopang Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Selanjutnya uji lanjutan dengan uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,86 termasuk kategori “besar”. Sehingga, berdasarkan hasil penelitian ditemukan bawha terdapat pengaruh penggunaan media PATAYA pada mata pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Gugus III Kopang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023