Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah serta kelayakan dari produk hasil pengembangan media pembelajaran monopoli berbasis kebudayaan NTB untuk pemahaman diri siswa akan keberagaman budaya pada pelajaran IPS kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Reaserch and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini terdiri dari 5 tahapan penelitian, yaitu Analysis (Analisis), design (Perancangan), development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini sudah melalui kelima tahapan penelitian yaitu: analsisi, perancangan, pengembangan, implementasi dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Mataram. Teknik pengumpulan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Media Pembelajaran monopoli berbasis kebubudayaan NTB untuk pemahaman diri siswa akan keberagaman budaya pada pelajaran IPS kelas IV SD. Kelayakan Media pembelajaran Monopoli berdasarkan penilaian validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 85%. Penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 97%. Hasil uji coba kelompok kecil tahap I mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 97%, tahap II mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 97%, dan tahap III mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 98%.
Copyrights © 2023