Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 28 Cakranegara Tahun Ajaran 2022/2023.

Nani Fitriani (Universitas Mataram)
Husniati (Unknown)
Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimen dan non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas V SDN 28 Cakranegara menjadi populasi penelitian, dimana samppel yang digunakan yakni 31 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda pada mata pelajaran matematika. Ujian berlangsung dalam pre-test dan post-test. Bahan penelitian diuji menggunakan bantuan SPSS 29 for windows dengan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dan dk = n1 + n2 - 2 dengan hasil thitung > ttabel yaitu. 6,505 > 1,67252, maka H0 yang ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hipotesis di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping dan hasil belajar matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...