Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan control group pretest and posttest design. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran Mind Mapping, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional dengan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bima. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 12 Kota Bima.
Copyrights © 2023