Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah membawa masyarakat menuju era media baru (new media) dimana setiap individu dapat berkomunikasi melalui internet. Internet pun memunculkan banyak media berbasis online, salah satunya adalah Instagram yang sedang populer belakangan ini. Media sosial Instagram memunculkan banyak fenomena baru salah satunya adalah fenomena influencer atau selebrgram. Fenomena ini menjadi tren yang populer bahkan dapat menjadi salah satu cara pembentukan personal branding yang baik pada diri seseorang. Garis besar dari konsep personal branding adalah bagaimana seseorang menunjukkan keunikan dirinya, apa kelebihan yang bisa seseorang tunjukkan sehingga bisa memiliki nilai lebih, dan bagaimana seseorang membangun kesan yang positif dihadapan orang lain. Saat ini media sosial cukup memfasilitasi seseorang dalam membangun personal branding, khususnya Instagram. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan 4 informan dengan akun Instagram berbeda yang saat ini aktif menjadi influencer di media sosial Instagram. Informan Key dalam penelitian ini sekaligus menjadi bahan analisis deskriptifnya adalah akun milik Influencer Fiersa Besari yang berhasil menerapkan personal branding dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara, didapatkan informasi mengenai penggunaan media sosial sebagai media untuk membangun personal branding adalah dengan memanfaatkan konstruksi di tengah generasi muda bahwa Instagram suatu media sosial yang banyak sekali peminatnya dikarenakan memiliki segudang fitur dan mudah digunakan. Dan juga, Instagram adalah tren yang mudah sekali membawa suatu pengaruh secara cepat, sehingga influencer memilih Instagram sebagai new media untuk membangun personal branding.
Copyrights © 2023