JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 2 No. 11: Juni 2023

INTIMIDASI KEKUASAAN PATRIARKI TERHADAP PEREMPUAN DAN ALAM PADA CERPEN JANTUR MAPAN KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN (ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS)

Dwi Rijaya Hakiki (Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman)
Yusak Hudiyono (Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus pada intimidasi kekuasaan patriarki terhadap perempuan dan alam pada cerpen Jantur Mapan karya Korrie Layun Rampan. Analisis dilakukan dengan memanfaatkan teori wacana kritis yang bertujuan untuk menguak banyak isu mengenai intimidasi perempuan dan alam pada karya sastra. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui teknik simak dan catat pada cerpen Jantur Mapan karya Korrie Layun Rampan. Hasil penelitian menguraikan dua hal penting, (1) Gambaran Umum Cerpen Jantur Mapan karya Korrie Layun Rampan; (2) Intimidasi Terhadap Perempuan dan Alam Pada Cerpen Jantur Mapan Karya Korrie Layun Rampan (Posisi Perempuan Sebagai Subjek); (3) Hubungan Ketertindasan Terhadap Perempuan dan Alam Pada Cerpen Jantur Mapan Karya Korrie Layun Rampan (Posisi Alam Sebagai Objek); dan (4) Dominasi Kekuasaan Patriarki Pemilik Modal Dalam Cerpen Jantur Mapan Karya Korrie Layun Rampan (Posisi Penulis-Pembaca). Cerpen ini menunjukkan keterkaitan penuh antara perempuan dan alam, yang sama-sama memperoleh ketidakadilan atas kekuasaan yang diciptakan budaya patriarki dalam kehidupan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...