Bencana bisa kapan saja terjadi tanpa diduga hal ini menjadikan masyarakat selalu berupaya berprilaku tanggap bencana. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan audio visual terhadap pengetahuan dan sikap siswa dalam siaga banjir. Jenis penelitian pre eksperimen design dengan one-group pretest-posttest design. Jumlah populasi 209 siswa, sampel 42 orang siswa, tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian sebelum diberikan pendidikan kesehatan mayoritas siswa berpengetahuan kurang sebanyak 36 orang dan bersikap positif sebanyak 41 orang, setelah diberikan pendidikan kesehatan mayoritas siswa berpengetahuan baik sebanyak 39 orang dan bersikap positif sebanyak 42 orang, hasil analisis uji wilcoxon untuk pengetahuan nilai ρvalue sebesar 0,000 dan uji paired sample t test untuk sikap ρvalue sebesar 0,000. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan audio visual terhadap pengetahuan dan sikap siswa dalam siaga banjir. Saran diharapkan kepada siswa agar tetap siaga terhadap banjir terutama pada musim penghujan hal ini untuk mengurangi dampak banjir di masyarakat baik dari segi ekonomi maupun kesehatan.
Copyrights © 2023