Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 4 (2022): October

Peningkatan Aktivitas Siswa dan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Concept Sentence

Annisa Nuur Fitriana (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
MS Khabibur Rahman (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Esi Sumarsih (SD Negeri 1 Kasihan)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis narasi melalui model concept sentence pada siswa kelas II SD Negeri 1 Tanggulangin. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Tanggulangin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis satistik deskriptif dan deskriprif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas siswa mencapai kategori baik dan dinyatakan berhasil; (2) keterampilan menulis narasi pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 69,2 %, kemudian siklus II meningkat menjadi 84,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model concept sentence dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas II SD Negeri 1 Tanggulangin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...