Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 4 (2022): October

Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Melalui Conference

Wahyudi (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, SD Negeri 1 Siyonoharjo Eromoko Wonogiri)
Farida Nugrahani (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Giyatno (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Meningkatkan minat belajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning melalui Conference pada siswa Kelas III SD Negeri 1 Siyonoharjo Wonogiri Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Meningkatkan hasil belajar Matematika dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning melalui Conference pada siswa Kelas III SD Negeri 1 Siyonoharjo Wonogiri Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: 1) perencanaan tindakan perbaikan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) analisis dan refleksi, 4) tindak lanjut. Penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil bahwa rata-rata minat siswa pada prasiklus 9,44, siklus I 12,38, dan siklus II menjadi 14,69. Hasil Belajar pada prasiklus 61,25 tingkat ketuntasan klasikal 37,50%. Pada siklus I, nilai rata-rata 73,13 tingkat ketuntasan klasikal 62,50%. Pada siklus II, nilai rata-rata 81,88 tingkat ketuntasan klasikal 93,75%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat peningkatan minat setelah diberikan pembelajaran dengan Problem Based Learning melalui Conference pada siswa Kelas III SD Negeri 1 Siyonoharjo tahun pelajaran 2020/2021 sebesar 5,25. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar matematika tentang menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian setelah diberikan dengan pembelajaran Problem Based Learning melalui Conference pada siswa Kelas III SD Negeri 1 Siyonoharjo tahun pelajaran 2020/2021 sebesar 20,63.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...