Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 4 (2022): October

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Audio Visual

Fuad Hindriyatno (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, SD Negeri 1 Siyonoharjo)
MS. Khabibur Rahman (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Esi Sumarsih (SD Negeri Kasihan)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Siyonoharjo Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Siyonoharjo yang berjumlah 12 siswa, KKM pada muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu ≥ 70. Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data di lakukan secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Indikator penelitian yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah : 1) Hasil belajar siswa meningkat minimal 80% siswa dapat mencapai nilai KKM ≥70 pada muatan pelajaran IPA, 2) Motivasi belajar siswa meningkat dan mencapai kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA dengan presentase ketuntasan hasil belajar pratindakan yaitu 4 siswa atau 33,3%.Siklus I sebanyak 7 siswa atau 58,3% dan Siklus II 10 siswa atau 83,3%; 2) penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan presentase pratindakan yaitu 32,2% , pada siklus I didapati bahwa keaktifan siswa pada siklus I sebesar 57,2% , dan siklus II persentase keaktifan sebesar 86,2%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...