Educatif: Journal of Education Research
Vol 3 No 4 (2021): October

Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan di Kelas VII F MTs Negeri Jepon

Yani Hayati (MAN Blora)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model problem-based learning terhadap peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII F MTs Negeri Jepon semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan melalui dua siklus. Waktu pelaksanaan selama 3 bulan yakni Januari sampai dengan Maret 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan dua cara yakni tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dan non tes untuk mendapatkan data aktifitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem-based learning pada materi himpunan dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Besar peningkatan aktifitas siswa 25,77% dari rata-rata 51,31% pada kondisi pra siklus menjadi 77,08% pada kondisi siklus II. Sedangkan besar peningkatan hasil belajar siswa adalah 19,75 dari kondisi pra siklus nilai rata-rata 58,59 ke kondisi siklus II dengan nilai rata-rata 78,34. Perubahan ketuntasan sebesar 50,46% dari kondisi pra siklus tuntas 32,40% ke kondisi siklus II tuntas 82,86%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...