Educatif: Journal of Education Research
Vol 3 No 4 (2021): October

Implementasi Metode Discovery Learning secara Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Kreativitas Siswa Kelas V pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan di SDN Sumberbendo 02 Tahun Pelajaran 2021/2022

Suhartini Suhartini (SDN Sumberbendo 02 Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa perubahan yang signifikan pada berbagai aspek Data observasi awal di kelas V SDN Sumberbendo 02 menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan hasil nilai tes formatif siswa menunjukkan angka ketercapaian 46% dengan Kompetensi Kelulusan Minimal (KKM). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat 54% siswa yang belum tuntas dan belum memahami materi. Siswa juga berasumsi bahwa tema 2 yang diajarkan secara daring adalah pelajaran yang sulit karena materi yang komplekHal itu salah penyebab pembelajaran bersifat pasif. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui implementasi metode discovery learning secara daring untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kreativitas siswa kelas V pada tema udara bersih bagi kesehatan di SDN Sumberbendo 02 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Sumberbendo 02 Kecamatan Saradan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi kreativitas siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan hasil yang sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya maka dapat disimpulkan Penerapan pembelajaran dengan metode discovery learning secara daring dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V dengan peningkatan sebanyak 28%. Penerapan pembelajaran dengan metode discovery learning secara daring dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V dengan peningkatan sebanyak 36%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...