Pembelajaran matematika yang dikenal sebagai mata pelajaran yang kurang di senangi oleh siswa, menjadi cenderung monoton membuat siswa merasa jenuh, pemahaman siswa pun berkurang terhadap pelajaran matematika oleh karena itu guru harus bisa mencari solusi dengan memilih pendekatan pembelajaran yang direncanakan akan tercapai. Pendekatan pembelajaran yang mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah 1) Kemampuan Pemahaman Konsep matematis siswa yang memperoleh Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Ekspositori, serta untuk mengetahui apakah 2) Sikap siswa terhadap pembelajaran Realisic Mathematics Education (RME). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 20 Bandung terpilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian dan skala sikap. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penggunaan model Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan 2) Siswa bersikap positif terhadap model Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika.
Copyrights © 2020