Educatif: Journal of Education Research
Vol 2 No 4 (2020): October

Efektivitas Metode Resitasi dengan Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kebiasaan Belajar

Nurrohayanah (SMK BINA NUSA SLAWI)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujun mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja peserta didik, dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kebiasaan peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Talang pada materi pokok Garis Singgung Lingkaran. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP N 1 Talang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini diabil sebanyak 155 peserta didik yang diperoleh dari kelas VIII D dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen (dengan metode resitasi), kelas VIII B dan VIII I sebagai kelas kontrol (dengan metode ekspositori). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kebiasaan belajar dan tes evaluasi belajar. Teknik analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dua arah, serta uji penentu menggunakan uji benferoni. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode resitasi menggunakan lembar kerja peserta didik yang ditinjau dari kebiasaan belajar efektif pada pembelajaran matematika peseta didik kelas VIII semster II SMP Negeri 1 Talang pada materi Garis Singgung Lingkaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...