Educatif: Journal of Education Research
Vol 2 No 3 (2020): July

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMK PGRI Kota Mojokerto

Era Egradini Amelia (SMK PGRI Kota Mojokerto)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam matematika. Penelitian ini telah dilakukan di SMKS PGRI Kota Mojokerto. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Tkr 1 yang berjumlah 27 peserta. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data diperoleh pada setiap siklus dari mengobservasi, catatan lapangan, angket, pre test dan post test. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di SMKS PGRI Kota Mojokerto. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar tiap siklusnya dimana pada siklus I nilai rata-rata kelas 67,59 dengan ketuntasan klasikal 62% dan mengalami kenaikan pada siklus II yaitu rata-rata kelas 80,56 dengan ketuntasan klasikal naik menjadi 85%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...