Educatif: Journal of Education Research
Vol 2 No 4 (2020): October

Metode Mood Understand Recall Digest Expand Review (Murder) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa, Pemecahan Masalah Matematis Siswa, serta Sikap Belajar Siswa Kelas XI

Evi Sofiah (SMA Al Qonaaah Baleendah)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran mood-understand-recall-digest-expand-review (murder) terhadap berpikir kritis, pemecahan masalah matematis siswa serta sikap belajar siswa Kelas XI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method) dengan tipe embedded desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Al Qonaah Baleendah Kelas XI tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu Kelas XI MIA1 dan XI MIA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman siswa matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode tipe Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review (MURDER)lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2)peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Tipe Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review (MURDER) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3)terdapat pengaruh positif sikap belajar terhadap kemampuan pemahaman siswa matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis; (4) terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman siswa kemampuan pemecahan masalah matematis, dan sikap belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...