Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 4 (2022): October

Peningkatan Minat Belajar Materi Sumber Energi Melalui Media Video pada Siswa Kelas IV

Rimba Kusumawardani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhroji Muhroji (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Wahyu Ratnawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Nglorog 1, dengan tujuan mendiskrispsikan peningkatan yang terjadi pada minat belajar siswa melalui penggunaan media video dalam pembelajaran materi sumber energi pada siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan jumlah 16 siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa melalui penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa terlihat dari observasi di siklus 1 dan siklus II yang mengalami peningkatan 10% dari 76% menjadi 86% dengan kategori sangat baik, untuk peningkatan ketuntasan hasil belajar tematik kompetensi dasar IPA terlihat dari hasil evaluasi siswa, pada pra siklus terdapat 10 siswa yang tuntas(62,5%) dengan nilai rata-rata 73,8, pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas ada 13(81,2%) dengan rata-rata 81, sedangkan pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 15 siswa (93,7%) dengan nilai rata-rata 94.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...