Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ialah melakukan analisis berpikir kreatif siswa independence dalam menyelesaikan soal open enden pada materi sistem persamaan linear dua variabel.. Metodologi: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah pengumpulan data pada stuatu latar alamiah dengan menggunakan metode alamiah dan dilakukan oleh orang atau peneliti yang tertarik secara alamiah. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Tanjung Jabung Timur sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki gaya kognitif field independence. Prosedur dalam penelitian ini meliputi tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Temuan Utama: Melalui penelitian ini dapat diketahui secara keseluruhan gambaran ketercapaian aspek atau komponen berpikir kreatif siswa independence dalam menyelesaikan soal open ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel secara umum hanya memenuhi aspek fluency dan flexibility saja. Adapun persentase ketercapaian masing-masing aspek atau komponen berpikir kreatif adalah sebagai berikut: aspek fluency 62,5%, aspek flexibility 77%, serta aspek originality 0%. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Melalui penelitian ini maka dapat memperoleh gambaran ketercapaian aspek atau komponen berpikir kreatif siswa independence dalam menyelesaikan soal open ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel secara umum hanya memenuhi aspek fluency dan flexibility saja.
Copyrights © 2021