AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2023)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL PBL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Ramadhan Permadikusuma Nugraha (Universitas Riau)
Rini Dian Anggraini (Universitas Riau)
Syarifah Nur Siregar (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang teruji nilai kevalidan dan kepraktisannya untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ialah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development and Disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi perangkat pembelajaran, observasi kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria minimal valid dan praktis dengan skor  dalam setiap aspek yang diujikan. Rata-rata hasil kegiatan validasi ialah: (1) silabus 3,85 kategori sangat valid; (2) RPP 3,81 kategori sangat valid; dan (3) LKPD 3,70 juga kategori sangat valid. Subjek penelitian ujicoba ialah 9 peserta didik Kelas VIII Ponpes. Manhajussalikin Kab. Rokan Hulu, Riau, pada ujicoba kelompok kecil dan 22 peserta didik kelas VIII SMP Ar-Riyadh Kab. Siak, Riau pada ujicoba kelompok besar. Hasil yang diperoleh pada saat ujicoba adalah 1) ujicoba kelompok kecil 3,03 dalam kategori praktis dan 2) ujicoba besar 3,38 dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis pada kegiatan validasi dan ujicoba produk, perangkat pengembangan telah valid dan praktis serta dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.AbstractThe purpose of this research is to develop learning tools that have been tested for validity and practicality for use in the learning process. The developed learning tools include Syllabus, Lesson Plan (RPP), and Student Worksheets (LKPD) using the Problem Based Learning (PBL) model and a scientific approach. This type of research is development research using the 4D development model (Define, Design, Development, and Disseminate). The data collection techniques in this research include interviews, observation of learning tools, observation of learning activities, and documentation. The research instruments used are validation sheets and student response questionnaires. The results of the research show that the developed learning tools have met the minimum criteria for validity and practicality with scores ≥2.50 in each tested aspect. The average validation results are as follows: (1) syllabus 3.85 in the highly valid category; (2) RPP 3.81 in the highly valid category; and (3) LKPD 3.70 also in the highly valid category. The research subjects for the pilot study were 9 students of Class VIII at Ponpes Manhajussalikin in Kab. Rokan Hulu, Riau, for the small group pilot, and 22 students of Class VIII at SMP Ar-Riyadh in Kab. Siak, Riau, for the large group pilot. The results obtained during the pilot study are as follows: 1) small group pilot with a score of 3.03 in the practical category, and 2) large group pilot with a score of 3.38 in the highly practical category. Based on the analysis of the validation and pilot study activities, the development tools have been validated, proven to be practical, and can be used in learning activities.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...