AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2023)

ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH NUMERASI BERBASIS ONLINE

I Ketut Kertayasa (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
STAH Dharma Sentana, Palu, Indonesia)

Tatang Herman (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Perubahan pelaksanaan UN (Ujian Nasional) menjadi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) didasarkan pada hasil evaluasi capaian PISA siswa di Indonesia yang masih rendah. Rendahnya capaian siswa pada asesmen internasional tersebut berdasarkan berbagai penelitian di Indonesia salah satunya disebabkan oleh faktor guru atau calon guru. Guru merupakan ujung tombak yang paling mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Oleh sebab itu, pada penelitian dilakukan analisis capaian mahasiswa dalam menyelesaikan masalah numerasi berdasarkan level numerasi dan faktor yang mempengaruhi capaian tersebut.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan data-data kuantitatif terkait kemampuan numerasi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan level numerasi (knowing, applying, reasoning). Ada 10 masalah numerasi berbasis online yang diberikan, yaitu 4 soal pada level knowing, 4 soal pada level applying, dan 2 soal pada level reasoning dengan subjek penelitian sebanyak 29 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa 74% mahasiswa mampu menyelesaikan masalah level knowing  atau capaiannya kategori tinggi, 49% mampu menyelesaikan masalah level applying atau capaiannya kategori  sedang, dan 30% mahasiswa mampu menyelesaikan masalah level reasoning atau capaiannya kategori rendah. Faktor yang paling mempengaruhi kurangnya capaian mahasiswa pada level reasoning adalah belum terbiasanya mahasiswa memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah matematika mulai dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas/sederajat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...