AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2023)

META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Asyifa Rahmawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Juandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kartika Yulianti (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Telah banyak studi yang mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dari penerapan model pembelajaran CPS di Indonesia dengan hasil yang beragam sehingga menimbulkan inkonsistensi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menyelidiki secara keseluruhan studi mengenai penerapan model pembelajaran CPS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan meta analisis. Meta analisis merupakan  metode analisis statistik yang menghitung  beberapa studi secara kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran CPS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dengan effect size 1,387 pada klasifikasi efek yang sangat besar. Jika ditinjau dari jenjang pendidikan menengah menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari pengaruh adanya  penerapan model pembelajaran CPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis baik pada jenjang SMP/MTs ataupun SMA/MA/SMK. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka model pembelajaran CPS dapat dijadikan sebagai rekomendasi model pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa baik pada jenjang SMP/MTs ataupun SMA/MA/SMK.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...