Obor: Oikonomia Borneo
Vol. 5 No. 1 (2023): April

PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNA, ULASAN KONSUMEN DARING DAN PERINGKAT KONSUMEN DARING DENGAN MEDIASI KETERIKATAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE

Adaq, Afriani (Unknown)
Irma Aprianti, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Metode yangdigunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan purposive sampling yaitu metode pengumpulan kuesioner yang diukur dengan sekala likert terhadap 100 orang responden yang telah memenuhi kriteria, teknik analisis data yang digunkan adalah analisis regresi linier berganda dan menggunakan program SPSS versi 22 untuk mengetahui pengaruh masing- masing variabel serta menggunakan sobel test untuk mengetahui pengaruh antar variabel mediasi.Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa kemudahan pengguna dan peringkat konsumen daring berpengaruh dan signifikan terhadap keterikatan pelanggan dan terhadap keputusan pembelian sedangkan ulasan konsumen daring berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keterikatan pelanggan dan terhadap keputusan pembelian. Kemudahan pengguna, ulasan konsumen daring dan peringkat konsumen daring secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Keterikatan pelanggan berhasil memediasi ulasan konsumen daring dan peringkat konsumen daring terhadap keputusan pembelian konsumen sedangkan keterikatan pelanggan tidak berhasil memediasi kemudahan pengguna terhadap keputusan pembelian konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

oikonomia

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Oikonomia Borneo (OBOR) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan April (periode November-April) dan Oktober (periode Mei-Oktober). Jurnal diterbitkan sebagai media untuk ...